Spesifikasi Lengkap Yamaha R25 Terbaru 2019, Digadang-Gadang Mampu Mengalahkan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR
Monday, July 22, 2019
Add Comment
YAMAHA - Setelah menunggu sekali lama, akhirnya Yamaha merilis generasi terbaru dari Yamaha R25. Motor ini dirilis bertepatan dengan momen ulang tahun Yamaha YZF-R1 yang ke 20. Beberapa perubahan telah diterapkan, namun belum setotalitas Kawasaki saat meluncurkan Ninja 250 generasi terbaru yang mengalami perubahan total pada segi desain dan mesin.
Banyak orang berekspektasi tinggi terhadap Yamaha R25 generasi terbaru. Motor ini digadang-gadang mampu mengalahkan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR yang saat ini mendominasi pasar motor sport 250cc. Untuk mengalahkan dua pesaingnya tersebut, tentu Yamaha R25 harus memiliki nilai jual lebih baik. Namun sayangnya motor ini masih menggunakan mesin yang sama.
Jika kita bandingkan dengan lawan-lawannya, mesin 2 Silinder yang dipakai Yamaha R25 hanya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 26,5 kW pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.
Sedangkan mesin Kawasaki Ninja 250 bisa memproduksi tenaga sebesar 28.5 kW pada 12.500 rpm dan torsi 23.5 Nm pada 10.000 rpm. Itu artinya tenaga dan torsinya jauh lebih kecil dibandingkan mesin Ninja 250. Sebenarnya tenaga dan torsi yang dimiliki Yamaha R25 sudah lebih dari cukup untuk berakselerasi dengan sangat cepat.
Baiklah, daripada penasaran berikut spesifikasi lengkap Yamaha R25 Terbaru 2019 yang sudah kita rangkum untuk sobat Dunia Motor
Perfoma Mesin
Mesin 2 Silinder yang dipakai Yamaha R25 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 26,5 kW pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Sedangkan mesin Kawasaki Ninja 250 bisa memproduksi tenaga sebesar 28.5 kW pada 12.500 rpm dan torsi 23.5 Nm pada 10.000 rpm. Itu artinya tenaga dan torsinya jauh lebih kecil dibandingkan mesin Ninja 250.
Sebenarnya tenaga dan torsi yang dimiliki Yamaha R25 sudah lebih dari cukup untuk berakselerasi dengan sangat cepat. Lagi pula motor ini mengalami peningkatan top-speed sebesar 8 km/jam dikarenakan desain body baru yang mengalami penurunkan koefisien drag dari 0,347 menjadi 0,323. Performa tersebut juga tak lepas dari gearbox 6 percepatan serta sistem pembakaran Fuel Injection yang mengoptimalkan performa mesin R25.
Desain dan Dimensi
Desain Yamaha R25 facelift jauh lebih keren dibandingkan pendahulunya. Terutama pada bagian depan yang dibalut fairing baru dengan mengadopsi DNA Yamaha R Series. Sekarang desainnya menjadi mirip Yamaha R15 yang memiliki Air Scoop dibagian tengah yang berfungsi untuk menambah suplai udara ke ruang bakar. Air Scoop juga menambah estetika motor ini, sehingga terlihat keren layaknya motor balap.
Mungkin Air Scoop yang dipakai Yamaha R25 hanya sebatas estetika saja, dan tak berperang penting dalam menyuplai udara. Kami rasa hal ini tak terlalu penting, karena yang terpenting adalah membuat tampilan Yamaha R25 semakin keren. Selain itu, tersedia pula headlamp ganda yang menghimpit air scoop. Headlamp yang dipakainya sudah Full LED, sehingga bisa memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama.
Fitur Andalan
Salah satu fitur baru yang disematkan pada Yamaha R25 adalah lampu Hazard. Fitur ini berguna sebagai tanda keadaan darurat layakanya lampu Hazard pada mobil. Lalu untuk bagian tangki mendapatkan sentuhan baru dengan bentuk tangki yang lebih sporty dan bisa menampung bahan bakar hingga 14 liter, sama persis seperti Yamaha R25 versi terdahulu.
Selain Upside Down, fitur andalan Yamaha R25 adalah speedometer full digital yang multifungsi dan bisa menampilkan informasi secara lengkap dan mudah terlihat. Fitur Shift Timing Light tetap dimilikinya dan berguna untuk memudahkan pengendara memperoleh performa optimal saat berpindah gigi. Fitur baru lainnya adalah tombol starter 3in1 yang terdiri dari cut, off, on dan terintegrasi pada Starter Engine layaknya sebuah moge.
Pilhan Warna
Pembaharuan yang dilakukan Yamaha memang tak menyeluruh. Bahkan bodi belakangnya dibuat sama persis dengan R25 generasi sebelumnya yang memiliki sudut lancip dan sudah menggunakan stop lamp LED. Desainnya memang cukup keren, namun menurut kami seharusnya motor ini memiliki bodi belakang berlubang mengikuti desain Yamaha R Series lainnya. Motor sport Yamaha ini hadir dengan balutan 3 warna baru, yakni Racing Blue, Matte Red, dan Matte Black.
Yang paling menarik dari Yamaha R25 generasi terbaru adalah memiliki garpu depan terbalik alias Upside Down. Suspensi tersebut dibalut warna emas dan akan menjadikan tampulan R25 terlihat semakin gagah saat dikendarai. Pemakaian Upside Down juga membuat handling lebih sempurna dan motor lebih stabil saat berakselerasi pada kecepatan tinggi.
Pemakaian Upside Down buatan Kayaba membuat harga Yamaha R25 terbaru menjadi lebih mahal dibandingkan seri sebelumnya. Walaupun begitu harga Yamaha R25 lebih murah dibandingkan lawan-lawannya yang memakai mesin 2 Silinder 250cc, seperti Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR.
Dimana untuk bagian depan memakai rem cakram berdiameter 298mm. Sedangkan untuk bagian belakang 220 mm. Keduanya dipadukan dengan velg ring 17 yang memiliki desain sama seperti velg R25 generasi sebelumnya.
Desain velgnya memang sporty, sehingga Yamaha tak perlu melakukan perubahan pada bagian velg. Begitu pula dengan bagian ban yang sudah menggunakan ban tubeless dengan profil cukup besar, sehingga berkendara bisa lebih stabil. Dimana untuk bagian depan memakai ban tubeless 110/70-17M/C 54H dan untuk belakang 140/70-17M/C 66H.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
- Desain bodynya mengadopsi DNA Yamaha R Series, sehingga terlihat lebih sporty dan modern
- Tersedia mesin 2 Silinder 250cc yang bisa mengeluarkan tenaga dan torsi berlimpah saat diajak berakselerasi
- Top Speed Yamaha R25 generasi terbaru mengalami peningkatan mencapa 8 km/jam
- Memiliki lampu depan Full LED yang bisa menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, tajam dan fokus.
- Dibekali lengan ayun Asimetris yang terbuat dari baja, sehingga lebih kuat dan kokoh. Suspensinya juga dioptimalkan oleh Monocross Twin-Tube yang membuat handling lebih mantap dan stabil.
- Sudah menggunakan suspensi Upside Down yang menjadikan pengendalian motor lebih stabil
- Lampu belakang sudah full LED
- Tersedia knalpot compact yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
- Mesinnya sudah dilengkapi teknologi Fuel Injection
- Memakai rem cakram pada bagian depan dan belakang
- Harga Yamaha R25 lebih murah dibandingkan Ninja 250 atau CBR250RR
- Speedometernya dilengkapi Shifting Timing Light dan sudah memakai speedometer full digital
Kekurangan
- Tidak ada fitur riding mode
- Belum mendukung fitur Assist & Sliper Clutch
- Harga jual kembalinya sangat rendah
Harga Terbaru dan Bekas Yamaha R25 2019
Harga Yamaha R25 Non ABS Terbaru Rp 58,600,000
Yamaha langsung mengumumkan harga Yamaha R25 terbaru saat peluncurannya. Motor ini akan dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 58.6 Juta (OTR Jakara). Banderol tersebut masih berada dibawah pesaing terdekatnya yang sama-sama memakai mesin 2 Silinder 250cc, seperti Kawasaki Ninja 250 dengan harga Rp. 61.9 Juta dan Honda CBR250RR sekitar Rp. 59.9 Juta.
Harga Yamaha R25 terbaru naik sekitar Rp. 1.5 Juta dibanding model sebelumnya. Kenaikan ini tak lepas dari penambahan Upside Down dan beberapa fitur baru yang disematkan pada R25. Sayangnya untuk saat ini Yamaha R25 hanya tersedia dalam varian Non-ABS. Semoga kedepannya Yamaha meluncurkan varian ABS yang memiliki sistem pengereman lebih mumpuni.
Harga Yamaha R25 Bekas
Apabila membeli Yamaha R25 bekas, maka masbro akan mendapatkan motor dengan berbagai pilihan grafis seperti gambar di atas. Sekarang harga Yamaha R25 bekas juga sangat murah.
Dipasaran motor bermesin 2 Silinder ini dibanderol sekitar Rp. 35 Jutaan sampai Rp. 43 Jutaan tergantung dari kondisi motor serta tahun produksinya. Semakin baik kondisinya tentu semakin harganya. Harga jual kembalinya memang sangat turun, jadi pertimbangan dahulu sebelum membeli R25 generasi terbaru.
0 Response to "Spesifikasi Lengkap Yamaha R25 Terbaru 2019, Digadang-Gadang Mampu Mengalahkan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR "
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.