Ads 1

Spesifikasi Lengkap dan Harga Kawasaki KLX 230 Terbaru 2019, Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Kawasaki KLX 230 

KAWASAKI
- Kawasaki akhirnya resmi merililis motor trail bermesin Injeksi di Indonesia. Motor tersebut bukanlah penerus KLX 150 atau KLX 250, melainkan motor baru bernama KLX 230. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 233cc yang dioptimalkan teknologi Fuel Injection dan sistem pendingin cairan. Soal tenaga sudah pasti jauh lebih baik dibandingkan Kawasaki KLX 150 ataupun Honda CRF150L yang notabennya memakai mesin berkapasitas 150cc. Bagaimana dengan Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230 ini, langsung saja simak ulasan nya berikut ini.

Berikut Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230 yang sudah kita rangkum untuk sobat Dunia Motor


Bodi
Panjang
2,105 mm
Lebar
835 mm
Tinggi
1,165 mm
Berat Isi
132 kg (Std), 133 Kg (SE)
Wheelbase
1,380 mm
Ground Clearance
265 mm
Tinggi Jok
885 mm
Tangki
7.5 liter
Mesin
Tipe
4 Tak 1 Silinder, SOHC 2 Katup
Kapasitas
233 cc
Power Maksimum
19 PS @ 7,600 rpm
Torsi Maksimum
19.8 Nm @ 6,100 rpm
Rasio Kompresi
9.4:1
Bore x Stroke
67.0 x 66.0 mm
Pendingin
Air Cooled
Sistem Bahan Bakar
Fuel Injection
Starter
Elektrik
Transmsi
Manual 6 Speed
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka
Tubular, semi-double cradle
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
New Uni Trak Swingarm
Ban Depan
2.75-21 45P
Ban Belakang
4.10-18 59P
Rangka dan Kaki-Kaki
Rem Depan
Single Disk 240 mm + 2 piston Kaliper
Rem Belakang
Single Disk 220 mm + 1 Piston Kaliper
Sistem Pengereman

Performa Mesin



Perfoma Mesin Kawasaki KLX 230


Spesifikasi yang dibawa Kawasaki KLX 230 cukup memuaskan. Namun sayangnya motor ini memiliki satu kekurangan, yakni belum menggunakan suspensi Upside Down. Mungkin hal ini sengaja dilakukan agar harga Kawasaki KLX 230 dapat ditekan menjadi lebih murah. Yah, pada dasarnya harga KLX 230 memang cukup terjangkau dibandingkan motor trail sekelasnya yang mengusung mesin 250cc, seperti Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250.

Walaupun dari segi kapasitas jauh lebih keci, akan tetapi tenaga dan torsi yang dihasilkan tergolong cukup besar. Dimana tenaga maksimal yang bisa dihasilkannya adalah mencapai 19 Horsepower pada putaran mesin 7.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya sebesar 19.8 Nm pada putaran 6.100 rpm. Tak hanya itu, Kawasaki juga mengoptimalkannya dengan sistem pembakaran Fuel Injection yang otomatis membuat performa KLX 230 semakin responsif.

Racikan mesin Kawasaki KLX 230 memang tak diragukan lagi performanya. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 233cc dengan konfigurasi 1 Silinder SOCH 2 Katup. Kawasaki juga melengkapinya dengan sistem transmisi manual 6 percepatan yang menjadikannya semakin nyaman dikendarai. Lalu untuk kompresi mesinnya berukuran 9,4:1 dan memiliki diameter x langkah berukuran 67 x 66 mm.

Desain & Dimensi


Kawasaki KLX 230 


Suspensinya masih teleskopik dan dibalut cover shock depan yang terbuat dari karet. Selain itu, pada bagian depan terpasang headlamp yang sayangnya belum menggunakan lampu LED. Kekurangan tersebut akan tertutupi dengan hadirnya Speedometer Full Digital yang memberi kesan modern pada motor trail bermesin 230cc.

Kawasaki KLX 230 Spesial Edition sudah dilengkapi Hand Guard, Engine Guard, Cover Rangka, velg berwarna hitam dan warna grafis lebih dinamis. Perbedaan tersebut membuat harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition sedikit lebih mahal. Kemudian soal dimensi, KLX 230 memiliki panjang keseluruhan berukuran 2.105 mm, lebar 835 mm, tinggi 1.165 mm, dan wheelbase berjarak 1.380 mm dari as roda depan sampai as roda belakang.

Tinggi joknya tergolong ideal demi menunjang kenyamanan dalam berkendara, yakni berjarak 885 mm dan didukung ground clearance 265 mm. Yah, motor ini dirancang agar memiliki kemampuan off-road yang mumpuni, jadi jangan heran apabila ground clerance-nya cukup tinggi. Secara desain body memang sangat keren, namun akan jauh lebih keren apabila ditambah suspensi depan Upside Down seperti yang dimiliki KLX 150 BF dan KLX 250.

Suspensi & Pengereman


Suspensi dan Pengereman Kawasaki KLX 230


Rangka Motor Trail Kawasaki 230cc ini  tak memakai Upside Down pada motor ini bukanlah masalah harga, melainkan agar suspensi Kawasaki KLX 250 lebih empuk dan lebih smooth saat dipakai berkendara di medan off-road. Alhasil kita harus puas dengan suspensi depan teleskopik yang memiliki panjang travel hingga 220 mm. Suspensi tersebut juga dipadukan dengan rem cakram berdiameter 240 mm dengan desain bergelombang (Wave Disk).

Kemudian untuk bagian belakang memakai suspensi Uni Trak Swingarm yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker (monoshock) yang memiliki travel 223 mm. Lalu untuk rem belakangnya memakai piringan cakram bergelombang dengan diameter 220 mm dan didukung kaliper single piston. Sayangnya sistem pengereman KLX 230 yang dipasarkan di Indonesia belum dilengkapi teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System).

Tidak adanya teknologi ABS membuat harga Kawasaki KLX 230 di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan harga Kawasaki KLX 230 di Eropa ataupun Amerika. Selanjutnya untuk bagian ban memakai ban depan berukuran 2.75-21 45P dan ban belakang 4.10-18 59P. Velg depan dibuat lebih besar agar lebih optimal dalam melewati berbagai ringan medan off-road. Selain itu, Kawasaki melengkapinya dengan rangka Tubuluar Semi-Double Crandle yang dijamin rigid dan sangat kuat.

Harga Kawasaki KLX 230  2019


Kawasaki KLX 230 

Harga Motor KLX 230 OTR Jakarta
Harga Kawasaki KLX 230 Standar                Rp. 42.500.000

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan KLX 230 pada ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2019. Motor ini tersedia dalam tipe standar dan Spesial Edition dengan selisih harga sekitar 2 Jutaan. Nah untuk harganya sendiri sebesar Rp. 42.5 Juta untuk tipe standar dan Rp. 44.9 Juta untuk tipe Spesial Edition. Namun selama masa promo hingga akhir Juni 2019, sobat bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 39.9 Juta untuk varian KLX 230 standar. Sedangkan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition selama masa promo sebesar Rp. 42.3 Juta.


Kelebihan Motor KLX 230
  • Memiliki mesin dengan kapasitas ruang bakar 233cc, sehingga bisa menghasilkan tenaga dan torsi jauh lebih besar dibandingkan KLX 150
  • Walaupun masih memakai suspensi depan teleskopik, namun Kawasaki merancangnya agar lebih nyaman saat melewati medan offroad
  • Harga Kawasaki KLX 230 tak terlalu mahal dan sebanding dengan spesifikasinya
  • Memakai suspensi belakang Uni Track dan Monoshock yang dijamin empuk dan nyaman
  • Tersedia rem cakram pada pengereman roda depan serta belakang
  • Sudah dilengkapi speedometer digital yang informatif dan memiliki desain modern
  • Dibekai diameter ban lebih besar dan ground clerance yang pas, sehingga semakin optimal dalam melibas medan off-road
  • Mesinnya sudah mendukung teknologi Injeksi



Kekurangan Motor KLX 230
  • Belum dilengkapi sistem pengereman ABS
  • Pasti sebagian orang akan mengeluhkan kenapa motor ini belum dilengkapi suspensi depan Upside Down
  • Semua lampunya belum menggunakan teknologi LED, karena masih memakai bohlam standar
  • Desain lampu depannya menurut kami terlalu besar
  • Keputusan Kawasaki untuk merilis KLX 230 di Indonesia memang sangat tepat. Pasalnya motor ini akan menjadi alternatif bagi pecinta off-road yang menginginkan motor trail bermesin besar, namun dibanding dengan harga cukup terjangkau.

Nah demikianlah informasi kali ini mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 230 terbaru 2019 , semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi bagi sobat Dunia Motor. “Salam Otomotif”.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel