Spesifikasi Lengkap dan Harga Kawasaki KLX 230 Terbaru 2019, Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Monday, May 27, 2019
Kawasaki KLX 230 |
KAWASAKI - Kawasaki akhirnya resmi merililis motor trail bermesin Injeksi di Indonesia. Motor tersebut bukanlah penerus KLX 150 atau KLX 250, melainkan motor baru bernama KLX 230. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 233cc yang dioptimalkan teknologi Fuel Injection dan sistem pendingin cairan. Soal tenaga sudah pasti jauh lebih baik dibandingkan Kawasaki KLX 150 ataupun Honda CRF150L yang notabennya memakai mesin berkapasitas 150cc. Bagaimana dengan Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230 ini, langsung saja simak ulasan nya berikut ini.
Berikut Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230 yang sudah kita rangkum untuk sobat Dunia Motor
Bodi
|
|
Panjang
|
2,105 mm
|
Lebar
|
835 mm
|
Tinggi
|
1,165 mm
|
Berat Isi
|
132 kg (Std), 133 Kg (SE)
|
Wheelbase
|
1,380 mm
|
Ground Clearance
|
265 mm
|
Tinggi Jok
|
885 mm
|
Tangki
|
7.5 liter
|
Mesin
|
|
Tipe
|
4 Tak 1 Silinder, SOHC 2 Katup
|
Kapasitas
|
233 cc
|
Power Maksimum
|
19 PS @ 7,600 rpm
|
Torsi Maksimum
|
19.8 Nm @ 6,100 rpm
|
Rasio Kompresi
|
9.4:1
|
Bore x Stroke
|
67.0 x 66.0 mm
|
Pendingin
|
Air Cooled
|
Sistem Bahan Bakar
|
Fuel Injection
|
Starter
|
Elektrik
|
Transmsi
|
Manual 6 Speed
|
Rangka dan Kaki-Kaki
|
|
Rangka
|
Tubular, semi-double cradle
|
Suspensi depan
|
Teleskopik
|
Suspensi belakang
|
New Uni Trak Swingarm
|
Ban Depan
|
2.75-21 45P
|
Ban Belakang
|
4.10-18 59P
|
Rangka dan Kaki-Kaki
|
|
Rem Depan
|
Single Disk 240 mm + 2 piston Kaliper
|
Rem Belakang
|
Single Disk 220 mm + 1 Piston Kaliper
|
Sistem Pengereman
|
–
|
Performa Mesin
Perfoma Mesin Kawasaki KLX 230 |
Spesifikasi yang dibawa Kawasaki KLX 230 cukup memuaskan.
Namun sayangnya motor ini memiliki satu kekurangan, yakni belum menggunakan
suspensi Upside Down. Mungkin hal ini sengaja dilakukan agar harga Kawasaki KLX
230 dapat ditekan menjadi lebih murah. Yah, pada dasarnya harga KLX 230 memang
cukup terjangkau dibandingkan motor trail sekelasnya yang mengusung mesin
250cc, seperti Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250.
Walaupun dari segi kapasitas jauh lebih keci, akan tetapi
tenaga dan torsi yang dihasilkan tergolong cukup besar. Dimana tenaga maksimal
yang bisa dihasilkannya adalah mencapai 19 Horsepower pada putaran mesin 7.600
rpm. Sedangkan torsi puncaknya sebesar 19.8 Nm pada putaran 6.100 rpm. Tak
hanya itu, Kawasaki juga mengoptimalkannya dengan sistem pembakaran Fuel
Injection yang otomatis membuat performa KLX 230 semakin responsif.
Racikan mesin Kawasaki KLX 230 memang tak diragukan lagi
performanya. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 233cc dengan konfigurasi 1
Silinder SOCH 2 Katup. Kawasaki juga melengkapinya dengan sistem transmisi
manual 6 percepatan yang menjadikannya semakin nyaman dikendarai. Lalu untuk
kompresi mesinnya berukuran 9,4:1 dan memiliki diameter x langkah berukuran 67
x 66 mm.
Desain & Dimensi
Kawasaki KLX 230 |
Suspensinya masih teleskopik dan dibalut cover shock depan
yang terbuat dari karet. Selain itu, pada bagian depan terpasang headlamp yang
sayangnya belum menggunakan lampu LED. Kekurangan tersebut akan tertutupi
dengan hadirnya Speedometer Full Digital yang memberi kesan modern pada motor
trail bermesin 230cc.
Kawasaki KLX 230 Spesial Edition sudah dilengkapi Hand
Guard, Engine Guard, Cover Rangka, velg berwarna hitam dan warna grafis lebih dinamis.
Perbedaan tersebut membuat harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition sedikit lebih
mahal. Kemudian soal dimensi, KLX 230 memiliki panjang keseluruhan berukuran
2.105 mm, lebar 835 mm, tinggi 1.165 mm, dan wheelbase berjarak 1.380 mm dari
as roda depan sampai as roda belakang.
Tinggi joknya tergolong ideal demi menunjang kenyamanan
dalam berkendara, yakni berjarak 885 mm dan didukung ground clearance 265 mm.
Yah, motor ini dirancang agar memiliki kemampuan off-road yang mumpuni, jadi
jangan heran apabila ground clerance-nya cukup tinggi. Secara desain body
memang sangat keren, namun akan jauh lebih keren apabila ditambah suspensi
depan Upside Down seperti yang dimiliki KLX 150 BF dan KLX 250.
Suspensi & Pengereman
Suspensi dan Pengereman Kawasaki KLX 230 |
Rangka Motor Trail Kawasaki 230cc ini tak memakai Upside Down pada motor ini
bukanlah masalah harga, melainkan agar suspensi Kawasaki KLX 250 lebih empuk
dan lebih smooth saat dipakai berkendara di medan off-road. Alhasil kita harus
puas dengan suspensi depan teleskopik yang memiliki panjang travel hingga 220
mm. Suspensi tersebut juga dipadukan dengan rem cakram berdiameter 240 mm
dengan desain bergelombang (Wave Disk).
Kemudian untuk bagian belakang memakai suspensi Uni Trak
Swingarm yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker (monoshock) yang memiliki
travel 223 mm. Lalu untuk rem belakangnya memakai piringan cakram bergelombang
dengan diameter 220 mm dan didukung kaliper single piston. Sayangnya sistem
pengereman KLX 230 yang dipasarkan di Indonesia belum dilengkapi teknologi ABS
(Anti-Lock Breaking System).
Tidak adanya teknologi ABS membuat harga Kawasaki KLX 230 di
Indonesia jauh lebih murah dibandingkan harga Kawasaki KLX 230 di Eropa ataupun
Amerika. Selanjutnya untuk bagian ban memakai ban depan berukuran 2.75-21 45P
dan ban belakang 4.10-18 59P. Velg depan dibuat lebih besar agar lebih optimal
dalam melewati berbagai ringan medan off-road. Selain itu, Kawasaki
melengkapinya dengan rangka Tubuluar Semi-Double Crandle yang dijamin rigid dan
sangat kuat.
Harga Kawasaki KLX 230 2019
Kawasaki KLX 230 |
Harga Motor KLX 230 OTR Jakarta
Harga Kawasaki KLX 230 Standar Rp. 42.500.000
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan KLX 230 pada
ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2019. Motor ini tersedia dalam tipe standar dan
Spesial Edition dengan selisih harga sekitar 2 Jutaan. Nah untuk harganya
sendiri sebesar Rp. 42.5 Juta untuk tipe standar dan Rp. 44.9 Juta untuk tipe
Spesial Edition. Namun selama masa promo hingga akhir Juni 2019, sobat bisa
mendapatkannya dengan harga Rp. 39.9 Juta untuk varian KLX 230 standar.
Sedangkan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition selama masa promo sebesar Rp.
42.3 Juta.
Kelebihan Motor KLX 230
- Memiliki mesin dengan kapasitas ruang bakar 233cc, sehingga bisa menghasilkan tenaga dan torsi jauh lebih besar dibandingkan KLX 150
- Walaupun masih memakai suspensi depan teleskopik, namun Kawasaki merancangnya agar lebih nyaman saat melewati medan offroad
- Harga Kawasaki KLX 230 tak terlalu mahal dan sebanding dengan spesifikasinya
- Memakai suspensi belakang Uni Track dan Monoshock yang dijamin empuk dan nyaman
- Tersedia rem cakram pada pengereman roda depan serta belakang
- Sudah dilengkapi speedometer digital yang informatif dan memiliki desain modern
- Dibekai diameter ban lebih besar dan ground clerance yang pas, sehingga semakin optimal dalam melibas medan off-road
- Mesinnya sudah mendukung teknologi Injeksi
Kekurangan Motor KLX 230
- Belum dilengkapi sistem pengereman ABS
- Pasti sebagian orang akan mengeluhkan kenapa motor ini belum dilengkapi suspensi depan Upside Down
- Semua lampunya belum menggunakan teknologi LED, karena masih memakai bohlam standar
- Desain lampu depannya menurut kami terlalu besar
- Keputusan Kawasaki untuk merilis KLX 230 di Indonesia memang sangat tepat. Pasalnya motor ini akan menjadi alternatif bagi pecinta off-road yang menginginkan motor trail bermesin besar, namun dibanding dengan harga cukup terjangkau.